Definisi Pendidikan
-
Pendidikan adalah proses pengembangan individu dari aspek
fisik, intelektual, emosional, sosial, dan lingkungan tempat tinggal.
-
Tujuan dari pendidikan adalah untuk memenuhi kebutuhan
dan keinginan sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
-
Pendidikan dipengaruhi oleh pengaruh sosial, lingkungan
tempat tinggal, dan sarana untuk berkembang.
-
Pendidikan memengaruhi
perkembangan manusia dalam aspek kepribadian dan kehidupannya.
-
Pendidikan berpengaruh
dinamis (berubah-ubah) dalam menyiapkan kehidupan di masa depan.
-
Dalam Kamus Internasional
Pendidikan (International Dictionary of Education) pendidikan setidaknya
memiliki 3 ciri utama:
1. Proses mengembangkan kemampuan, sikap, dan bentuk-bentuk
tingkah laku lainnya di dalam masyarakat.
2. Proses sosial, seseorang dihadapkan pada pengaruh
lingkungan yang terpilih dan terkontrol untuk mencapai kompetensi sosial dan
pertumbuhan individual secara optimal.
3. Proses pengembangan pribadi (watak manusia).
-
Menurut H.A.R. Tilaar,
hakikat pendidikan memiliki komponen-komponen berikut:
·
Pendidikan adalah suatu
proses yang berkesinambungan (bertahap).
·
Proses pendidikan berarti mengembangkan
eksistensi (keberadaan) manusia.
·
Eksistensi (keberadaan) manusia
yang memasyarakat.
·
Proses bermasyarakat dan
membudaya mempunyai dimensi waktu dan ruang.
-
Potensi yang dimiliki
manusia hanya dapat dikembangkan apabila dia menerapkannya ke dalam kehidupan
masyarakat dan menciptakan tata kehidupan dan nilai-nilai kemanusiaan yang
dijunjung tinggi masyarakat.
-
Pendidikan tidak dapat
dipisahkan dari kebudayaan.
-
Pendidikan bukan proses
memaksakan kehendak orang dewasa (guru) kepada murid, melainkan upaya untuk
menciptakan kondisi yang kondusif (terkendali) bagi perkembangan anak supaya
bisa mengembangkan dirinya secara optimal.
-
Pendidikan bukan sekedar
sebagai persiapan untuk bekal masa depan, tetapi juga untuk kehidupan masa
sekarang yang sedang mengalami perkembangan menuju ke tingkat kedewasaan.
Tujuan Pendidikan
-
Tujuan pendidikan adalah gambaran yang ingin dicapai dari
proses pendidikan.
-
Setiap tujuan pendidikan memiliki 2 fungsi:
1. Menggambarkan kondisi akhir
yang ingin dicapai.
2. Memberikan arah dan cara bagi
semua usaha yang dilakukan.
-
Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional dinyatakan tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan pribadi-pribadi
yang:
1) Beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa.
2) Berakhlak mulia.
3) Memiliki pengetahuan dan
keterampilan.
4) Memiliki kesehatan jasmani
dan rohani.
5) Memiliki kepribadian yang
mantap dan mandiri.
6) Memiliki rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan.
-
Tujuan tersebut mengharuskan semua tingkat pendidikan mencapai
tujuan pendidikan tersebut.
·
Upaya mengembangkan murid sebagai pribadi:
1) Memperkuat dasar keimanan
dan ketakwaan.
2) Mengembangkan sikap dan
kebiasaan hidup yang baik.
3) Memberikan pengetahuan dan
keterampilan dasar,
4) Memelihara kesehatan jasmani
dan rohani.
5) Meningkatkan kemampuan
belajar.
6) Membentuk kepribadian yang
mantap dan mandiri.
·
Upaya mengembangkan murid sebagai anggota masyarakat:
1) Memperkuat kesadaran untuk
hidup bersama dengan orang lain.
2) Menumbuhkan rasa tanggung
jawab sosial.
3) Memberikan pengetahuan dan
keterampilan dasar yang diperlukan untuk berperan dalam kehidupan
bermasyarakat.
·
Upaya mengembangkan murid sebagai warga negara:
1) Mengetahui hak dan kewajiban
sebagai warga negara Republik Indonesia.
2) Mengembangkan rasa tanggung
jawab terhadap kemajuan bangsa dan negara.
3) Memberikan pengetahuan dan
keterampilan dasar yang diperlukan untuk berperan serta dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
·
Upaya mengembangkan murid sebagai anggota umat manusia:
1) Meningkatkan harga diri
sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.
2) Meningkatkan kesadaran
tentang hak asasi manusia.
3) Memberikan pengertian tentang
pentingnya ketertiban dunia.
4) Meningkatkan kesadaran akan
pentingnya persahabatan antarbangsa.
Fungsi Pendidikan
-
Tujuan dan fungsi pendidikan sulit dipisahkan namun memiliki
esensi yang berbeda.
-
Tujuan mengacu kepada sesuatu yang ingin dicapai setelah
melakukan usaha.
-
Fungsi mengacu kepada sesuatu yang seharusnya dilakukan.
-
Para pakar pendidikan banyak yang sependapat bahwa fungsi
pendidikan meliputi:
·
Fungsi Individuasi
-
Individuasi merupakan tujuan dan fungsi pendidikan yang
paling mendasar.
-
Individuasi mengacu pada proses menjadi pribadi yang
unik, berbeda dengan pribadi lain.
-
Seseorang berusaha mencapai prestasi terbaik dalam hal
tertentu dengan independen (bertumpu pada pemanfaatan segenap potensi yang
dimilikinya) tanpa dependen (tergantung usaha orang lain).
·
Fungsi Sosialisasi
-
Fungsi ini untuk mengembangkan murid menjadi anggota
masyarakat yang baik.
-
Pendidikan yang diselenggarakan harus selalu mendorong
dan mengkondisikan murid untuk melakukan apa yang disebut dengan belajar sosial.
-
Murid diajarkan untuk berinteraksi dan berkomunikasi
dengan orang lain, dengan memahami, menghayati, dan melaksanakan sistem nilai dan
norma yang berlaku di masyarakat.
·
Fungsi Nasionalisasi
-
Pendidikan harus mendidik murid untuk menjadi warga
negara yang baik.
-
Dengan fungsi ini, pendidikan harus mengembangkan
kesadaran, kecintaan, dan kebanggaan setiap murid menjadi warga Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
-
Pendidikan harus mengenalkan berbagai khasanah kekayaan
yang dimiliki negara dalam berbagai aspek agar murid memiliki rasa cinta dan
bangga terhadap negaranya sendiri.
·
Fungsi Humanisasi
-
Pendidikan berkewajiban untuk mengembangkan murid menjadi
bagian dari umat manusia, tanpa harus ringkuh dengan perbedaan suku, ras, dan
agama.
-
Murid dididik untuk mengembangkan sikap saling menghargai
terhadap perbedaan, hidup rukun dan damai dalam keragaman tanpa kehilangan
identitasnya sendiri.
-
Murid harus disiapkan untuk mampu berinteraksi dan
berkomunikasi dengan siapa pun dari negara manapun agar dapat menjadi warga
dunia yang baik tetapi memiliki identitas yang khas.
Tanggal dibuat: 15 Juni 2023
Sumber: Pendidikan Anak di SD Edisi 1 Universitas Terbuka
Dirangkum oleh: Dzulkifli Anwar
0 Komentar